Minggu, April 12, 2009

Cara Membuat Read More

Assalamu'alaikum warahmaatullahi wabarakaatuh,.

Bismillahi Rahmaanir Rahiim,,. Segala puji hanya milik Alloh Rabb pemelihara seluruh alam raya. Aku bersaksi bahwasanya tiada Ilah yang wajib disembah melainkan Alloh swt, yang menguasai, yang Maha benar dan yang menjelaskan. Dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad saw adalahhamba-Nya dan utusan-Nya, yang jujur janjinya lagi terpercaya. Semoga keselamatan dan kesejahteraan dan berkah tetap terlimpahkan kepada Rasulullah saw dan beserta keluarga dan para sahabatnya. amin,.

Dulu pas di Smansapati lagi demam blog, ada temen yang tanya, "Hoi coey, carane gawe read more ning ngisor postingan iku py?" Karena pada waktu itu Ana masih newbie, ana langsung tanya pada Mr Rudi Guru TIK (Padahal sampai sekarang ana juga masih newbie, he he ). Tapi, ana malah diajarin bikin read more di Wordpress. Padahal, ana punya blog di Blogger. Ya udah ana langsung minta diajarin sama mas Kendhin nih blognya trik-tips.blogspot.com. Jadi artikel ini rada2 mirip sama punyanya mas Kendhin, ha ha.. O ya bagi yang pengin kursus blog Woedpress sama Pak Rudi, Antum tinggal ngunjungi blognya disini. n' sekarang ana mau njelasin 'misteri Read More' lewat blog yang tercinta ini. Gimana?? yang ikut kursus blog nambah nggak?? he, he.. promosi

Langsung boz,.. Bagi Antum yang pendatang baru di dunia Blogger, pasti masih bingung ketika membuat artikel yang terlalu puaaaanjang. Ya tho?? maka dari itu dalam kursus blog hari ini, Pak Guru mau njelasin dengan singkat, padat, dan MUANTAP!!!

Pada umumnya model yang digunakan di Blogger, postingan terbaru akan muncul dihalaman utama blog. Namun jika artikel yang bikin Antum terlalu panjang maka hal tersebut akan membuat penuh halaman utama. Jika Antum kepengin artikel yang ditampilkan dihalaman utama cuma cuplikannya doank lalu dibawahnya ada sebuah link Baca Selengkapnya/ Read More, maka Antum butuh resep jitu. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka menu Tata Letak kemudian pilih HTML.

2. Klik "download template lengkap", ini sangat Ana sarankan. Karena yang akan kita hack adalah kode2 html, jadi misal kalo gagal masih ada Backupnya.

3. Kasih tanda cek (centang) pada cekbox "expand widget template"

4. Cari kode berikut di Template blog kamu (tempatnya kira-kira pada 1/4 bagian bawah kode hmtl) :

<p><data:post.body/></p>



masih ingat nggak? caranya nyari kode biar cepat??? kalo lupa klik disini

5. Kalau sudah ketemu, Ganti kode kode tersebut sehingga menjadi seperti ini:


<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>

<p><data:post.body/></p>

<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>


Tulisan "Read More....." itu bisa kamu rubah, misalnya jadi "Baca Selengkapnya".


6. Simpan hasil pengeditan.

7. Kemudian pilih menu Setting lalu pilih Formatting

8. Pada kotak Post Template isikan kode berikut:


<span class="fullpost">


</span>




9. Kemudian Simpan.

10. Ketika memposting, kan disana ada 2 tab pilihan tuh, yang "Compose" dan "Edit Html", Nha km pilih Yang "Edit HTML", Maka secara otomatis akan tampak kode seperti berikut :

<span class="fullpost">


</span>



11. Letakkan abstraksi posting atau artikel yang akan ditampilkan dihalama utama (sebelum tulisan "Redmore") diatas kode ini :


<span class="fullpost">


sementara sisanya yaitu keseluruhan posting letakkan di antara kode


<span class="fullpost">



dan


</span>



12. Ini yang paling penting diantara semua proses diatas yaitu ..... Selesai..... he..he..he.. ~_^

Bagaimana? bisa nggak? jangan pernah malu untuk bertanya bozzz!! OK, selamat mencoba!!!

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

31 komentar:

Jeffry Minggu, April 12, 2009  

saya kok tidak dapat menemukan kode yang dimaksudkan????????????????????????????????????????????????????? Ada masalah apa ya?
Balas segera!!! Kalau bisa ke email saya!!

Dudy Setia,  Minggu, April 12, 2009  

kok, kodenya tidak saya temukan ya

Siswa Madrasah Diniyah Manabi'ul Falah Minggu, April 12, 2009  

Matur suwun Ilmunya semoga mendapat ilmu yang lebih banyak lagi.

falaky Kamis, April 16, 2009  

walah ndu2 ra mudeng tho??? :))

Guru Blog,  Jumat, April 17, 2009  

@Jeffry centang dulu Expand Template Widget.
OK???

Mahar,  Selasa, April 21, 2009  

Saya punya masalah dengan "read more" nya.. Kalo dibuka pake browser Mozilla, tampilannya mau bagus.. Tapi kalo dibuka pake Internet Explorer, jadinya acak2an blog saya mas.. Coba deh kalo ga percaya.. Tolong kasi infonya ya mas..
Thank u..

fitri Kamis, April 23, 2009  

mas, makasih banget ya,,, jurus jurusnya jitu,,, kemarin aku masih gagal terus nyobainnya, tapi sekarang udah bisa,,, makasiiiih banget :-*

Wahyu,  Rabu, April 29, 2009  

wah... mantab bro...
aku juga pake ya...
thanks mazzz.....

Bahari,  Rabu, April 29, 2009  

terimah kasih mas infonya.............

dicky adiyat Jumat, Juni 26, 2009  

om aku pake cara find (ctrl+f)gak menemukan, gmn sih...???~x(

ada cara lain yg lebih simple gak om
salam kenal
main ke blog aku yg masih katro om

Ridlo Abelian Sabtu, Juni 27, 2009  

@dicky adiyat, coba yang antum cari <data:post.body/> saja

Ridlo Abelian Sabtu, Juni 27, 2009  

Wah kok malah jadi emoticon, kode yang dicari diilangin <p> </p> nya

jelly gamat Rabu, Mei 04, 2011  

wah ini penjelasan nya mantap bener gan, ane juga ssatu kali coba langsung jadi , karna ini penjelasan nya mantap sekali, karna juragan tau bahwa berbagi itu tak pernah rugi iya kan?
thank buat infonya

www.kampus-sipil.blogspot.com Selasa, Juli 30, 2013  

membuat Read More ini memang sangat penting, untuk kepentingan SEO. Thanks yah atas Informasinya.
Salam Kenal

kursus belajar Jumat, September 06, 2013  

mantap ni apa yang diajarkan di kursus blog ini, memang membuat readmore itu penting sekali agar tampilan blog lebih bagus dan lebih rapi nantinya

bisnis online gratis Minggu, Oktober 13, 2013  

Wahhh, Thank u Bos, atas tulisannya.

Jual XAMthone Plus Selasa, Mei 20, 2014  

Mantap gan artikelnya.. salut .

Agen XAMthone Plus Tegal Selasa, Mei 20, 2014  

Keren keren... semoga selalu bermanfaat dalam setiap artikelnya.. :D

fritadoo Selasa, Maret 22, 2016  

sangat membantu, makasih sob

AGEN POKER Kamis, November 10, 2016  

Nice Info Artikelnya Gan..
Ditunggu Artikel Selanjutnya.. ^^

POKERAJAIB.COM
AGEN POKER
AGEN DOMINO QQ
TEXAS POKER
SITUS POKER ONLINE
AGEN POKER TERPERCAYA

Agen Poker Jumat, Desember 30, 2016  

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Agen Poker Jumat, Desember 30, 2016  

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

AGEN POKER Senin, Januari 16, 2017  

Nice Info Artikelnya Gan..
Ditunggu Artikel Selanjutnya.. ^^

POKERAJAIB.COM
AGEN POKER
AGEN DOMINO QQ
TEXAS POKER
SITUS POKER ONLINE
AGEN POKER TERPERCAYA

agen poker Senin, Januari 30, 2017  

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

agen poker Senin, Januari 30, 2017  

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Posting Komentar

Komunitas SMANSAPATI

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008


hack by: Ridlo Falaky Student of SMANSAPATI Class SC'eight

Back to TOP